a day in our lives · random

Camper, oh Camper

Ada yang tau merk Camper? Kalo yang demen main ke mall di Jakarta sih minimal tau merk ini. Tokonya biasanya kecill dan sepatunya cuma dideretin begitu doang, gak disusun sana-sini kayak umumnya toko sepatu. Saya tau Camper cuma dari liat tokonya tapi gak pernah masuk karena tampangnya kok kayak mahal ya *minder. Di suatu saat sepatu saya udah mulai butut jadilah saya mulai mencari penggantinya. Berhubung saya paling susah nyari sepatu, hampir semua toko di GI saya masuki sampe akhirnya masuk ke Camper ini yang mana ternyata harganya lumayan wahh, di atas Clarks dikit. Tapi waktu nyobain sepatu-sepatunya, model-modelnya baguuus. Kaki saya yang kayak kaki bebek ini terlihat ramping pake sepatu Camper. Selain bikin kaki terlihat cakep, dipakenya juga nyaman jadilah saya langsung jatuh hati. Tapi begitu lihat harganya, alamak, 1,6 jetii. Diskon sih, jadi 1,3, tapi kan tetep aja ya, asa gimana gitu ngeluarin duit segitu.  Mikir mikir mikirr akhirnya saya beli deeeh berhubung sepatu saat itu udah minta diganti.

Pulang-pulang tuh udah excited banget, “Horee besok sepatu baruu”. Besok paginya, berhubung ntu sepatu mahal, saya cari tau doong perawatannya. Jangan sampe kan sepatu mahal cepet rusak cuma gara-gara gak dirawat *norak ya gue. Untuk tau perawatan yang tepat, cencunya harus tau dulu bahannya apa dan ketemulah website si Camper yang menampilkan model yang saya beli. Tapi eh tapi, kok ya tulisannya “lining: pigskin”. WHAAAA???

Shock berat.. Gw mengeluarkan 1,3 juta untuk beli kulit babi??? Astaga… Langsung saya menghubungi temen saya di sana-sini yang mau beli si Camper. Jualnya banting harga bo, yang penting gak rugi 1,3jt. Gile sedihnya hatiku, udahlah gak jadi dapat sepatu baru, rugi pula. Naseeb naseb.

Moral of the story, when you buy leather shoes, ALWAYS ask what is it made from.

Dari website si Camper, apparently most of their shoes use pigskin. Jadi bagi yang anti babi, I don’t recommend going to Camper for your next pair of shoes. Ada sih satu-dua yang gak pake, tapi hampir semua pake, jadi it’s gonna be a waste of time trying to find one without pigskin.

Sebagai orang Indonesia, teteup dong harus bisa melihat sisi positif dari kejadian ini. 😀 Ada dua yang saya dapat dari “tragedi Camper” ini:

  1. Saya jadi tau penampakan pigskin. Persiss kayak yang di poto-poto di internet, ada tiga titik membentuk segitiga gitu.
  2. Ada dua pendapat soal pemakaian kulit babi. Ada mahzab yang menganggap semua kulit yang disamak itu suci, ada pula yang menganggap prinsip itu tidak berlaku untuk kulit babi karena babi itu najis berat. Which led me to another one: 2.1 Ternyata tidak semua mahzab menganggap babi itu najis berat. WHAA?? Serasa dunia diputarbalikkan *lebay

Ketika menemukan no.2, saya bingung, “lah ngapain ane jual ntu sepatu?”. Tapi dipikir-pikir ulama juga kan berbeda pendapat, daripada ragu ya sudahlah..

Sekedar inpo, kata si mbaknya, Camper ini satu nomor cuma ada satu pasang, jadi gak pasaran gitu deeh. (Yang mana di saya gak ngaruh, berhubung nomor kaki saya di atas rata-rata, jadi besar kemungkinan yang ukuran normal masih ada yang beli).

5 thoughts on “Camper, oh Camper

    1. Kickers masih mending, harganya (relatif) murah. Lah si Camper ini mengingat harganya gak layak banget pake kulit babi. Soalnya kalo baca-baca pigskin harganya lebih murah.
      Untuk amannya, kalo beli sepatu kulit, selalu tanya kulitnya kulit apa karena saya yang jelas-jelas berjilbab aja gak dikasi tau sama SPGnya. Asem banget. Kalo merk luar ya, kalo lokal kayaknya jarang (ato sudah mulai sembunyi-sembunyi pake?)

  1. loh udah mahal kok masih pake kulit babi…ih gak mau rugiii
    TOMS jg ada yg pake kulit babi kan hihi..
    klo g mau dijual liningnya kamu kasih isolasi aja buk siti..sepatu ku ada dong yg bagian merknya aku kasih isolasi gara2 pas bagian itu kulitnya babi haha

      1. dibebebet semua pake isolasi…haha.iya mending dijual..
        eh kemaren liat toko camper dan namanya jadi inget merk kapur barus haha

Leave a comment